Tuesday, April 30, 2013

Iman Pengharapan Kasih

IMAN

Iman yang mula-mula adalah percaya pada pemberitaan Injil bahwa Yesus adalah Tuhan yang turun ke dunia untuk menebus dosa manusia, hidup, mati, bangkit, naik ke sorga dan akan datang kembali untuk menjemput orang-orang pilihanNya. Jadi ‘percaya’ adalah awal (starting point) dari iman.Setiap orang yang percaya pada pemberitaan Injil maka ia harus bertobat dan hidup baru, yaitu hidup menurut iman selama hayat dikandung badan sampai ia dipanggil Tuhan ke sorga.


Rm. 10:9  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Rm.10:17  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Ibr. 11:1  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

(http://sandip19ap62.blog.com/2011/12/25/iman-pengharapan-dan-kasih/)

PENGHARAPAN

Orang yang percaya pada pemberitaan Injil dan mau hidup menurut iman, karena ia mempunyai pengharapan akan keselamatan dan hidup kekal yang dijanjikan Tuhan Yesus dalam Kerajaan Nya. Tetapi ia harus hidup menurut tuntunan roh, yaitu mau menyalibkan dagingnya, untuk menyucikan diri.

1 Yoh. 3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci. 

(http://sandip19ap62.blog.com/2011/12/25/iman-pengharapan-dan-kasih/)

KASIH

Dan yang paling terpenting dari semua ini adalah Kasih (1 Korintus 13 : 13 ). Tanpa Kasih Iman dan pengharapkan tentulah sia-sia. Kasih ini ditujukan dengan sikap kita terhadap sesama.

Menurut Paulus kasih itu adalah, 

1 Kor.13:4-7  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. 


Kesimpulan : Setiap kita yg mau mengikuti Tuhan Yesus, kita harus mempunyai Iman Pengharapkan dan Kasih. 

Tuhan Yesus Memberkati

(Dz)
 

No comments:

Post a Comment